Pahami 4 Cara Membersihkan Jam Tangan Secara Benar dan Baik

Anda ganti baju setiap hari. Beli sepatu sekali dalam setahun, atau bisa lebih sering. Tapi ada satu barang yang Anda selalu gunakan dan jarang dicuci. Ya, itu adalah jam tangan!

Apakah jam tangan Anda merupakan aksesoris untuk membantu penampilan, atau difungsikan sebagai alat pengukur kebugaran, akuilah bahwa Anda jarang membersihkannya. Mungkin Anda baru membersihkan setelah olahraga di tempat yang sangat kotor.

Memang, dalam hal perawatan, pria sering mengabaikan aksesoris dan perhiasan. Ada banyak orang yang tidak menyadari tali jam tangannya berbau tak sedap, atau baru menyadari banyak kotoran mengendap dan terselit di antara tali jam setelah mengamatinya.

Jadi, apa yang bisa dilakukan agar jam tangan tetap bersih dan tidak mengeluarkan bau? Baiknya Anda memperhatikan beberapa tips di bawah ini.

1. Perawatan dasar: mengelap tiap hari

Anda mandi sehari dua kali dan tentu biasa mencuci muka sebelum tidur. Nah, jam tangan Anda juga harusnya mendapat perlakuan mirip. Bayangkan, jam tangan itu Anda pakai sepanjang hari, dan terkena keringat, terciprat air dari toilet, dan terkena kotoran lain.

Oleh karenanya, setelah dipakai sebaiknya Anda meluangkan beberapa menit untuk membersihkan jam tangan sebelum tidur. Dengan kain bersih yang lembut, bersihkan bagian dalam gelang dan bersihkan bagian belakang kepala jam tangan. Ini akan menghilangkan kelembaban dan minyak atau keringat yang menempel selama pemakaian.

Anda sebaiknya melakukan pembersihan itu secara teratur, tidak perlu menunggu sampai kotor dan berbau. Ingat, walau Anda tidak bekerja di bengkel yang penuh oli atau dapur yang penuh lemak, namun jam tangan bisa saja kotor karena keringat dan kulit.

2. Cuci dengan sabun bila perlu

Mungkin kita bingung bagaimana cara mencuci perhiasan atau aksesoris yang kita pakai. Pasalnya, apa yang cocok untuk perak, belum tentu cocok untuk emas. Namun jika menyangkut perhiasan pria, carilah cara yang mudah: sabun cuci piring.

Sabun ini dibuat agar bisa membersihkan minyak, selain juga rendah alkohol, jadi sangat cocok untuk jam tangan, baik yang logam, maupun yang bertali karet sintetis seperti fluoroelastomer.

Inilah prosesnya secara singkat:

1. Siapkan semangkuk air hangat dan air sabun dengan sedikit sabun antibakteri.

2. Celupkan tali jam tangan Anda ke air sabun selama 15-20 detik."Peganglah kepala jam untuk melindunginya dari air.

3. Keluarkan, dan gosok perlahan dengan sikat gigi bersih dan lembab. Jangan lupa bagian celah-celahnya.

4. Bilas di dalam air hangat yang bersih

5. Keringkan dengan kain lembut.

Anda juga bisa menggunakan pengering rambut pada setelan rendah atau tidak panas untuk mengeringkan jam tangan Anda. Pastikan jam benar-benar kering sebelum dipakai lagi.

3. Beri perlakuan khusus pada bahan kulit

Proses mencuci di atas bisa diterapkan untuk hampir semua bahan. Tapi bahan kulit membutuhkan perawatan khusus. Bahan kulit menyerap kelembaban dan kemudian mengering kembali, dan ini menyebabkan bahan pecah dan rusak.

Kuncinya di sini adalah memastikan bahan kulit tetap bersih dan terjaga kelembabannya. Seperti kulit kita, bahan kulit bisa dilap menggunakan body lotion agar tetap awet.

Jika Anda memilih untuk menggunakan bahan kulit, pastikan bahwa ia tidak menyebabkan alergi atau masalah pada tangan Anda.

4. Bila ragu, serahkan ke ahlinya


Jika jam Anda memerlukan servis lain seperti tune-up internal atau perbaikan goresan-Anda sebaiknya membiarkan ahlinya yang mengarapnya. Anda bisa meminta pembersihan dengan teknologi ultrasonik di pusat layanan resmi untuk Victorinox Swiss Army, Rolex, TAG Heuer, Daniel Wellington dan banyak merek lainnya. Alat itu serupa dengan yang digunakan untuk membersihkan kaca mata.

Ikuti 4 Langkah Ini untuk Mengatasi Stress yang Berat


Tingginya ekspektasi terhadap sesuatu bisa memiliki dampak yang negatif bagi kesehatan diri. Selain melelahkan secara fisik, tekanan terhadap mental juga sangat tinggi. Karena itu tak jarang kita merasa stress.

Stres yang ringan ternyata baik untuk kita. Saat dipaksa berpikir lebih keras, detak jantung bekerja lebih cepat. Hasilnya lebih banyak oksigen yang masuk ke dalam otak, sehingga otak bisa bekerja lancar dan memori lebih tajam.

Yang tidak sehat jika stres terjadi dalam jangka waktu yang panjang. Organ-organ tubuh dipaksa untuk bekerja keras terus-terusan dan akhirnya tubuh melemah dan muncullah berbagai risiko penyakit serius.

Ditambah dengan cara menghilangkan stress yang tidak tepat seperti merokok atau mengonsumsi alkohol. Merokok menyebabkan sekurang-kurangnya 15 jenis kanker, di antaranya adalah kanker mulut, paru-paru, ginjal, pancreas. Sedangkan alkohol jika dikonsumsi dapat meningkatkan risiko penyakit hati, gagal ginjal, dan kanker.

Apa yang harus dilakukan?

Jika Anda merasa mulai kewalahan, lakukan hal-hal berikut ini:

1. Cari Tahu Penyebabnya
Temukan apa yang menjadi penyebab utama Anda stress. Apakah pekerjaan yang terlalu banyak, jam kerja terlalu panjang? Setelah mengetahui penyebabnya, cari solusi yang sesuai. Misalnya dengan mendelegasikan tugas dan pulang tepat waktu.

2. Pelan-pelan
Kadang berhenti sejenak bisa menjernihkan pikiran kita. Stop berpikir keras. Berikan diri Anda waktu untuk melihat situasi dan mencari sumber masalah. Adalah ide yang baik untuk mempercepat jam Anda 5 – 10 menit, sehingga Anda bisa merasa “ punya waktu”.

3. Berolahraga
Olahraga terbukti bisa memberikan ketenangan bagi tubuh dan pikiran. Juga memperbaiki mood. Tapi Anda harus melakukannya dengan rutin, minimal 5 – 30 menit setiap hari.

4. Gunakan Bantuan
Bantuan bisa berarti apa saja. Pilih yang mau menjadi tempat curahan keluh kesah, mau menemani, dan selalu mendukung Anda. Seperti Al Muslim, alat bantu kesehatan yang mengandung batu giok hitam (Black Jade) yang dilengkapi Mineral Neodymium.

Berbentuk asesoris kalung dan gelang, Al Muslim dapat dipakai di berbagai kesempatan sehingga bisa mendampingi Anda setiap saat. Manfaat Ginsamyong sangat banyak, salah satunya adalah terapi endorfin, dapat mengendalikan stres dan emosi pemakainya. Klik di sini untuk melihat manfaat lainnya.

Minum ION, Untuk Mengatasi Dehidrasi Selama Berpuasa

Bulan suci Ramadan tinggal hitungan hari. Berpuasa di bulan Ramadan tentu dapat memperkaya rohani serta menyehatkan jasmani.

Puasa membantu menghilangkan racun-racun yang berbahaya dalam tubuh. Selain itu, puasa memberi waktu bagi tubuh dan sistem pencernaan terutama kerongkongan, lambung dan usus untuk beristirahat.

Singkatnya lebih dari 12 jam tidak ada asupan makanan dan cairan yang masuk ke tubuh, meski aktivitas tetap ada. Oleh karena itu, sahur menjadi peran penting untuk mempersiapkan cadangan nutrisi dan hidrasi yang dibutuhkan oleh tubuh selama berpuasa.

Sering kali kita hanya memikirkan pola makan saat sahur, padahal nyatanya asupan cairan juga berperan penting agar puasa tetap lancar. Bayangkan 60% tubuh manusia merupakan cairan yang terdiri dari air dan ION.

Apabila kita tidak memperhatikan konsumsi cairan saat sahur, hal ini akan membuat tubuh dehidrasi atau kekurangan cairan. Efek dari dehidrasi ini beragam mulai dari sakit kepala, cepat merasa lemas dan lelah, sulit berpikir dan berkonsentrasi. Tentu Anda tidak mau kekhusyukan puasa terganggu karena masalah dehidrasi ini kan?

Masalah dehidrasi ini sebenarnya dapat Anda cegah dengan memilih minuman yang tepat saat sahur. Hindari konsumsi minuman diuretik seperti teh, kopi dan soda. Jenis minuman ini mempercepat pengeluaran cairan tubuh dan membuat Anda jadi lebih sering buang air kecil, sehingga rentan mengalami dehidrasi dan cepat merasa haus saat puasa.

Untuk mencegah hal ini sebaiknya lengkapi menu sahur Anda dengan minuman yang mengandung ION seperti Infinycal.

Mengapa harus minuman yang mengandung ION?

Tubuh manusia tidak hanya terdiri dari air namun juga ION, itu mengapa minum air putih saja belum cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan. Selain itu ION dalam InfinyCal juga dapat mencegah penyakit dan menyimpannya lebih lama sehingga Anda tidak mudah merasa haus dan mencegah dehidrasi.

Jadi persiapkan puasa Anda dengan tepat ya. Karena ION saat sahur, simpan cairan lebih lama.

Inilah Kanker yang Menyerang Pada Pria

Kanker bisa menyerang organ tubuh manapun, termasuk alat kelamin. Bila semua wanita merasa sangat khawatir terkena kanker serviks, pria pun memiliki kekhawatiran yang sama terhadap kanker. Meski tidak umum terjadi, Anda harus mewaspadai kanker yang dapat menyerang penis. Jangan sampai kanker membuat kualitas hidup Anda menurun.

Kanker prostat


Prostat merupakan kelenjar yang terdapat pada alat reproduksi pria. Prostat berfungsi untuk memproduksi cairan yang membawa sperma. Kanker prostat merupakan salah satu jenis kanker yang banyak dialami oleh pria. 


Kanker prostat ada yang tumbuh dengan lambat dan biasanya tidak menimbulkan gejala pada stadium awal. Tetapi ada juga kanker prostat yang tumbuh dengan agresif. Anda dapat mewaspadai gejala kanker prostat berikut ini :

1. Gangguan buang air kecil

Gangguan buang air kecil yang sering terjadi pada pasien kanker prostat adalah sering buang air kecil terutama pada malam hari, sulit buang air kecil dan merasa nyeri saat buang air kecil.

2. Perdarahan
Kanker prostat juga dapat menyebabkan perdarahan sehingga sering keluar darah pada saat buang air kecil atau pada air mani.

3. Nyeri
Pada kanker prostat stadium lanjut, pasien sering merasakan nyeri pada area pinggul, punggung, dan paha bagian atas.

4. Disfungsi ereksi

Pasien kanker prostat juga akan mengalami disfungsi ereksi atau merasakan nyeri saat ejakulasi.

Bila Anda mengalami gejala tersebut di atas sebaiknya Anda mulai mengenakan celana kesehatan seperti Vince Klein dan juga segera berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

5 Tips untuk Mengatasi Penyakit Susah Tidur

Susah tidur adalah salah satu permasalahan yang dihadapi banyak orang zaman sekarang. Awalnya sih karena tuntutan pekerjaan atau tugas kuliah yang menumpuk sehingga memaksa mata untuk tetap terbuka sampai pekerjaan selesai.

Tapi lama kelamaan, saat waktu untuk tidur banyak sekalipun mata kita sudah tidak mampu menutup dengan cepat dan pada akhirnya kita memilih untuk begadang berhari-hari. 


Lebih parahnya lagi, tidak jarang kita tidak merasa mengantuk sama sekali dan merasa baik-baik saja. Padahal, kondisi fisik terus melemah karena kurangnya istirahat.

Kalau sudah begini pasti jadi panik sendiri dan ingin sekali merasakan kantuk secepatnya agar bisa tidur minimal delapan jam sehari demi mengembalikan kesehatan tubuh. Nah, untuk membantu yang kesulitan mendapatkan rasa kantuk, silahkan mencoba beberapa tips berikut :

1. Mengatur suhu ruangan
Suhu ruangan menjadi salah satu faktor pendukung untuk mendatangkan rasa kantuk. Jangan biarkan suhu ruangan terlalu panas atau terlalu dingin, hal ini karena suhu yang terlalu panas atau dingin akan membuatmu tidak nyaman dan tidak merasa ngantuk.

2. Atur pencahayaan dalam ruangan
Untuk yang sering mendengar saran untuk mematikan lampu saat mau tidur, bukan? Hal ini bukan semata-mata untuk pengiritan listrik saja, tetapi kondisi ruangan yang gelap akan membuatmu mengantuk dan akan menyehatkan tubuhmu dibanding tidur dalam ruangan dengan lampu yang menyala.

3. Atur posisi tidur
Tips ketiga untuk mendatangkan rasa kantuk adalah dengan mengatur posisi tidur yang benar. Jangan gunakan bantal yang terlalu tinggi atau rendah, karena selain membuatmu tidak nyaman, hal ini juga akan berpengaruh bagi kesahatan.

4. Latihan pernapasan
Latihan pernapasan yang dilakukan sebelum tidur untuk membuat tubuh lebih rileks dan pada akhirnya siap untuk beristirahat. Caranya mudah, cukup dengan menarik nafas dalam-dalam dan membuangnya lewat mulut. Lakukan beberapa kali secara pelan-pelan.

5. Menggunakan gelang kesehatan
Sulit tidur umumnya karena stres dan Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan gelang kesehatan, produk ini bisa Anda temukan di matrixshop.co.id.

Pahami 6 Cara Menghindari Radiasi Ponsel yang Memicu Kanker Otak

Anda yang tak bisa lepas dari ponsel atau smartphone, patut waspada karena World Health Organization (WHO) menyebut ponsel kemungkinan mengandung karsinogen yang bisa memicu kanker.

Kondisi tersebut berasal dari hubungan tingkat rendah radiasi ponsel dengan kanker otak. Karena itu, menurunkan paparan radiasi sangat membantu menurunkan potensi kanker dan masalah kesehatan lainnya.

Ada beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk menurunkan paparan radiasi selain dengan perantara kesehatan seperti perhiasan Arroyan, cara lainnya seperti berikut ini.

1. Gunakan headset
Menurut Environmental Working Group (EWG), headset memancarkan lebih sedikit radiasi dari ponsel karena menjauhkan ponsel dari kepala Anda. Semakin jauh Anda dari sumber radiasi, paparan radiasi pun lebih sedikit.

2. Jauhkan ponsel saat mencari sinyal
Saat sinyal buruk, sebaiknya jauhkan ponsel dari telinga. Cari sinyal dengan melihat langsung ke ponsel Anda hingga telepon Anda tersambung dan mendapatkan sinyal dengan baik. Ketika ponsel Anda memiliki sinyal yang sedikit, ini membuatnya bekerja lebih besar dan lebih besar pula radiasinya.

Ini juga berlaku saat Anda menunggu panggilan telepon. Menjauhkan ponsel dari telinga dapat meminimalisir paparan radiasi. Ketika bicara, miringkan ponsel dari telinga dan dekatkan ketika Anda mendengarkan. Ini karena tingkat radiasi lebih rendah ketika ponsel menerima sinyal saat transmisi. Batasi pembicaraan maksimal hanya satu jam saja.

3. Kirim pesan daripada telepon
Jika memungkinkan, lebih baik mengirimkan pesan singkat daripada telepon. Ini membuat ponsel menggunakan sedikit energinya dan pancaran radiasinya pun ikut berkurang. Mengetik pesan di ponsel juga menjauhkan Anda dari sumber radiasi dari otak.

4. Jangan membuat panggilan di lift atau mobil
Ini tentu sudah diketahui bahwa menerima atau menelepon di mobil bisa berbahaya. Ponsel menggunakan lebih banyak tenaga untuk membuat sambungan di ruangan logam tertutup seperti lift dan mobil.

5. Hindari anak-anak dari ponsel
Sebisa mungkin, hindari anak-anak dari ponsel atau menggunakan pelindung radiasi. Saat ini, banyak anak-anak bahkan balita yang menggunakan ponsel. Para ahli mengatakan, anak-anak paling rentan terhadap potensi bahaya radiasi. Otak anak-anak menyerap dua kali lebih banyak radiasi ponsel daripada orang dewasa.

6. Pakai ponsel radiasi rendah
Beberapa ponsel memiliki pancaran radiasi yang lebih rendah daripada yang lain. Cobalah mengecek SAR (spesific absorption rate), cara untuk mengukur penyerapan radiasi di tubuh dan biasanya ini ada dalam instruksi manual ponsel.

Pahami Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh dengan Makanan Ini

Metabolisme tubuh merupakan salah satu faktor yang sangat penting untuk penyerapan nutrisi pada tubuh. Selain dapat mengolah makanan dan menyerap nutrisi, proses metabolisme juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Untuk itu penting untuk memiliki metabolisme tubuh yang baik.

Untuk meningkatkan metabolisme tubuh, Anda bisa mencoba minum suplemen alami bernama Redoten yang terbuat dari buah merah Papua, namun ada juga beberapa jenis makanan yang dapat Anda konsumsi, yaitu:

Putih telur
Putih telur kaya akan asam amino, yang akan menjaga metabolisme tubuh Anda. Telur juga mengandung banyak protein dan vitamin D. Tambahkan telur ke dalam sandwich Anda bila ingin mendapatkan metabolisme tubuh yang baik.

Daging tanpa lemak
Daging tanpa lemak kaya akan zat besi. Kekurangan mineral seperti zat besi dapat memperlambat metabolisme Anda. Konsumsilah tiga hingga empat porsi makanan dengan kandungan zat besi, seperti daging tanpa lemak, ayam, dan sereal, untuk meningkatkan metabolisme.

Air putih
Saat dehidrasi, metabolisme tubuh juga akan menurun. Maka penuhilah kebutuhan cairan tubuh Anda. Air putih merupakan sumber cairan terbaik untuk tubuh. Konsumsi air dingin juga akan memaksa tubuh untuk menggunakan lebih banyak kalori untuk menghangatkannya di dalam tubuh.

Cabai
Cabai mengandung capsaicin, yang akan mendongkrak metabolisme tubuh Anda. Konsumsi cabai sehari sekali akan mejauhkan Anda dari masalah metabolisme. Selain itu, cabai juga mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Susu
Susu merupakan salah satu sumber kalsium. Penelitian mengatakan bahwa mengonsumsi cukup kalsium dapat membantu memetabolisme lemak di dalam tubuh. Pilihlah susu rendah lemak, agar berat badan Anda tidak bertambah.