Berlari Tanpa Memakai Sepatu Lari atau Alas Kaki Aman Tidak, ya?


Kalau melakukan olahraga lari atau jogging, tentu kita akan memakai sepatu lari yang nyaman digunakan. Tapi sebenarnya berlari tanpa memakai sepatu lari atau alas kaki juga bisa kita lakukan, lho.

Wah, bahaya atau tidak, ya?

Berlari menggunakan sepatu lari ternyata bisa membuat otot-otot kaki kita menegang. Ini disebabkan karena kaki kita tidak bebas karena menggunakan sepatu dan dipaksa bekerja terlalu keras.

Beberapa ahli kesehatan menjelaskan kalau berlari tanpa memakai alas kaki atau "nyeker" bermanfat bagi kaki kita. Berlari tanpa memakai alas kaki bisa meningkatkan kelincahan kaki kita, karena memperkuat otot, tendon, dan ligamen kaki tanpa dibatasi oleh sepatu.

Selain itu, tanpa memakai alas kaki kita bisa memperkuat otot-otot kecil di telapak kaki, pergelangan kaki, dan pinggul. Manfaatnya adalah bisa membantu kita memperbaiki postur tubuh dan juga memantapkan keseimbangan tubuh.

Cedera olahraga yang dialami selama olahraga, seperti otot betis yang tertarik, keseleo, atau cidera tendon juga bisa dihindari. Tapi kita juga harus berhati-hati, kalau berlari tanpa menggunakan alas kaki.

Banyak benda-benda yang ada di tempat kita berlari, seperti kerikil, batu, bahkan benda tajam. Kalau kita tidak berhati-hati, bisa terluka, nih, dan juga berlari tanpa alas kaki bisa mengubah bentuk telapak kaki.

Telapak kaki manusia dirancang berbentuk melengkung, dan jika kita terlalu sering berlari tanpa alas kaki, bisa menyebabkan telapak kakai menjadi datar. Padahal telapak kaki yang berbentuk melengkung itu berfungsi untuk menyeimbangkan tubuh saat kita melakukan gerakan.

Jadi, tips aman untuk berlari tanpa alas kaki adalah menghindari tempat yang mempunyai permukaan tidak rata dan banyak terdapat benda asing.

0 komentar:

Posting Komentar