Ikuti 4 Langkah Ini untuk Mengatasi Stress yang Berat


Tingginya ekspektasi terhadap sesuatu bisa memiliki dampak yang negatif bagi kesehatan diri. Selain melelahkan secara fisik, tekanan terhadap mental juga sangat tinggi. Karena itu tak jarang kita merasa stress.

Stres yang ringan ternyata baik untuk kita. Saat dipaksa berpikir lebih keras, detak jantung bekerja lebih cepat. Hasilnya lebih banyak oksigen yang masuk ke dalam otak, sehingga otak bisa bekerja lancar dan memori lebih tajam.

Yang tidak sehat jika stres terjadi dalam jangka waktu yang panjang. Organ-organ tubuh dipaksa untuk bekerja keras terus-terusan dan akhirnya tubuh melemah dan muncullah berbagai risiko penyakit serius.

Ditambah dengan cara menghilangkan stress yang tidak tepat seperti merokok atau mengonsumsi alkohol. Merokok menyebabkan sekurang-kurangnya 15 jenis kanker, di antaranya adalah kanker mulut, paru-paru, ginjal, pancreas. Sedangkan alkohol jika dikonsumsi dapat meningkatkan risiko penyakit hati, gagal ginjal, dan kanker.

Apa yang harus dilakukan?

Jika Anda merasa mulai kewalahan, lakukan hal-hal berikut ini:

1. Cari Tahu Penyebabnya
Temukan apa yang menjadi penyebab utama Anda stress. Apakah pekerjaan yang terlalu banyak, jam kerja terlalu panjang? Setelah mengetahui penyebabnya, cari solusi yang sesuai. Misalnya dengan mendelegasikan tugas dan pulang tepat waktu.

2. Pelan-pelan
Kadang berhenti sejenak bisa menjernihkan pikiran kita. Stop berpikir keras. Berikan diri Anda waktu untuk melihat situasi dan mencari sumber masalah. Adalah ide yang baik untuk mempercepat jam Anda 5 – 10 menit, sehingga Anda bisa merasa “ punya waktu”.

3. Berolahraga
Olahraga terbukti bisa memberikan ketenangan bagi tubuh dan pikiran. Juga memperbaiki mood. Tapi Anda harus melakukannya dengan rutin, minimal 5 – 30 menit setiap hari.

4. Gunakan Bantuan
Bantuan bisa berarti apa saja. Pilih yang mau menjadi tempat curahan keluh kesah, mau menemani, dan selalu mendukung Anda. Seperti Al Muslim, alat bantu kesehatan yang mengandung batu giok hitam (Black Jade) yang dilengkapi Mineral Neodymium.

Berbentuk asesoris kalung dan gelang, Al Muslim dapat dipakai di berbagai kesempatan sehingga bisa mendampingi Anda setiap saat. Manfaat Ginsamyong sangat banyak, salah satunya adalah terapi endorfin, dapat mengendalikan stres dan emosi pemakainya. Klik di sini untuk melihat manfaat lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar